Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows 10, 8, 7

Laptop Tidak bisa Masuk Windows 10 dan tidak mau boot? Gunakan tips Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows yang bermanfaat ini untuk membuat komputer Anda aktif kembali dan berjalan.

Windows 10 tidak berfungsi? Jangan berkecil hati jika komputer Anda tidak mau menyala. Ada beberapa perbaikan. Caranya adalah dengan mengetahui alat mana yang harus digunakan terlebih dahulu. Saran kami adalah memulai dengan perbaikan termudah dan beralih ke yang tersulit secara berurutan.

Coba Safe Mode Windows

Solusi paling sederhana untuk masalah boot Windows 10 adalah Safe Mode.

Ini adalah sistem boot alternatif yang mem-boot komputer Anda dengan perangkat lunak dalam jumlah minimal. Proses boot yang dimodifikasi dapat mengatasi masalah driver dan perangkat lunak. Yang aneh adalah terkadang memulai komputer Anda dalam Safe Mode dapat memperbaiki masalah boot. Tidak selalu jelas proses mana yang berjalan dalam mode aman, tetapi pengalaman menunjukkan kepada saya bahwa ini adalah solusi yang efektif dan sederhana.

Jika komputer Anda tidak mau hidup, Anda mungkin kesulitan masuk ke Safe Mode. Ada dua cara yang relatif mudah untuk masuk ke ini.

Metode 1: masuk ke Safe Mode dari Windows Recovery

Beberapa komputer yang tidak dapat di-boot membeku di layar pengaktifan Windows.

Namun, Anda dapat memaksa komputer Anda untuk masuk ke Safe Mode dengan menghentikan proses boot tiga kali berturut-turut, yang secara otomatis akan meluncurkan Windows Recovery. Saat menu pemulihan Windows muncul, lakukan hal berikut:

Di jendela Select Recovery Option, pilih Troubleshoot, lalu Advanced Options, dan kemudian Startup Options.

Dalam pengaturan startup, Anda dapat me-restart komputer Anda dalam Safe Mode dengan Internet diaktifkan atau dinonaktifkan. Opsi mana pun harus berfungsi.

Metode 2: Mode Aman dengan Disk Pemulihan Windows 10

Jika Anda tidak dapat masuk ke Safe Mode, Anda harus membuat drive USB pemulihan Windows 10. Drive pemulihan berisi lingkungan pemulihan untuk Windows 10 yang dapat Anda akses dengan menekan F8 saat boot. Sayangnya, Microsoft telah memutuskan untuk menghapus fitur ini.

Membuat disk pemulihan PC Windows 10 dan drive USB memerlukan setidaknya 512 MB ruang disk. Jika Anda ingin mencadangkan sistem (Anda akan melihat opsi untuk mencadangkan file sistem ke drive pemulihan), Anda memerlukan ruang disk 16 GB.

Open Control Panel> Create a recovery drive.

Kemudian ikuti petunjuknya.

Setelah drive pemulihan dibuat, Anda hanya dapat mem-boot komputer dari drive tersebut jika Anda mem-boot drive USB sebagai drive yang dapat di-boot dari lingkungan POST, juga dikenal sebagai UEFI atau BIOS. Setelah mengaktifkan drive USB sebagai bootable, masukkan drive ke komputer Anda dan restart (ini mungkin memerlukan menekan tombol reset atau menahan tombol power selama beberapa detik).

TRENDING:  Cara mengembalikan Paket internet Indosat yang ke Unreg 2022

Baca Juga: Cara Menggunakan TLS Tunnel

Periksa Baterai Laptop

Jika Anda menggunakan laptop, masalah baterai dapat menyebabkan masalah boot. Sebaiknya periksa kabel pengisi daya pengganti untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Pastikan kabel berfungsi dengan mencobanya di laptop lain. Kemudian lepaskan baterai sistem dan sambungkan perangkat ke sumber listrik.

Melepaskan baterai akan membantu menentukan apakah masalah perangkat kerasnya salah. Kuncinya di sini adalah memastikan bahwa Anda hanya menguji satu item dalam satu waktu. Jika masalah daya mengganggu start, penting untuk mengetahui apakah baterai, kabel pengisi daya, atau komponen lain perlu diganti.

Putuskan sambungan semua perangkat USB Anda

Masalah utama dengan pembaruan Windows 10 adalah terkadang PC Anda tidak mau hidup karena konflik dengan perangkat USB. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan melepaskan semua perangkat USB (dan periferal lain yang tidak perlu) dan memulai ulang komputer Anda.

Jika komputer Anda tetap pada layar boot yang sama, menghapus semua perangkat USB dapat memperbaiki masalah. Dalam kasus lain, Anda mungkin perlu me-restart komputer Anda.

Nonaktifkan Fast Boot

Ada opsi Fast Boot di BIOS atau UEFI yang memungkinkan Windows 10 untuk memulai lebih cepat dengan memuat driver terlebih dahulu. Sayangnya, Pembaruan Windows dapat merusak kompatibilitas Fastboot. Untungnya, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Fast Boot melalui BIOS, bukan Windows 10.

Cara masuk ke layar BIOS/UEFI berbeda-beda menurut komputer. Untuk instruksi tentang menemukan metode yang benar untuk PC Anda, lihat panduan kami tentang cara memasukkan UEFI / BIOS PC Anda. Bagi kebanyakan orang, menekan tombol hapus saat menjalankan akan memulai lingkungan POST. Dua tombol lain yang mungkin berfungsi adalah F2 dan Escape.

Setelah masuk ke BIOS atau UEFI, opsi fastboot biasanya menjadi bagian dari opsi lanjutan, meskipun bisa di mana saja.

Jika Anda tidak melihat entri “Boot Cepat”, itu berarti komputer Anda dibuat sebelum tahun 2013 dan tidak menyertakan opsi.”Pemuatan cepat”.

Periksa pengaturan BIOS/UEFI lainnya

BIOS / UEFI yang tidak dikonfigurasi dengan benar dapat mencegah desktop untuk memulai. BIOS / UEFI adalah lingkungan pra-boot yang berisi pengaturan perangkat keras komputer Anda. Ini berguna untuk pemulihan karena berfungsi bahkan ketika Windows sedang down.

Komputer Anda harus dalam mode BIOS untuk mengakses pengaturan ini. Dalam mode BIOS, periksa pengaturan berikut:

Secure Boot

cara mengatasi configuring update for windows 10

Secure boot dengan konfigurasi yang salah dapat mencegah komputer Anda melakukan booting. Anda dapat menonaktifkan Boot Aman di BIOS, tetapi ini mungkin memerlukan reset pabrik Windows 10 dan / atau reset BIOS. Selain itu, menonaktifkan Boot Aman dapat mencegah Anda meningkatkan ke Windows 11.

Alasan Secure Boot menyebabkan masalah adalah karena dirancang untuk melindungi komputer dari malware. Karena memeriksa driver dan perangkat keras yang dimuat Windows saat startup, driver atau komponen perangkat keras apa pun yang tidak dikenali sistem akan menyebabkan kesalahan startup. Opsi Boot Aman terletak di bawah Opsi Boot. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya. Itu harus diatur ke mode Windows UEFI alih-alih sistem operasi lain (biasanya Linux).

TRENDING:  Cara Menggunakan TLS Tunnel Trik Internet Gratis

Modul Dukungan Kompatibilitas (CSM)

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Bisa Masuk Windows

Disk boot format BIOS memerlukan tabel partisi MBR. Disk UEFI memerlukan tabel partisi GPT. CSM memungkinkan UEFI berfungsi seperti sistem MBR lama.

Setel ulang konfigurasi BIOS

Jika pengaturan BIOS Anda salah tetapi Anda tidak yakin bagaimana cara memperbaikinya, terkadang mengatur ulang BIOS / UEFI Anda ke default pabrik akan memperbaiki masalah.

Coba Pindai Malware

Malware adalah alasan utama komputer tidak bisa boot. Cara terbaik untuk memerangi malware adalah dengan boot disk penyelamat. Saya lebih suka disk Kaspersky gratis karena hanya perlu mengunduh gambar dan menggunakan Etcher untuk membuat gambar dari flash drive atau disk lain yang dapat ditulis. Etcher berjalan di sistem operasi Windows, macOS, dan Linux.

Anda kemudian dapat mem-boot ke komputer yang terinfeksi menggunakan disk penyelamat dan menghapus malware yang mencegah komputer melakukan booting.

Harap dicatat bahwa gambar disk Kasperkey memerlukan UEFI. Lihat Langkah 5. Periksa pengaturan BIOS / UEFI lainnya.

Gunakan Pemulihan Sistem atau Perbaikan Startup

laptop tidak bisa masuk windows

Jika Anda sudah menjalankan Windows 10 dari disk atau drive, akan sangat membantu jika Anda menggunakan beberapa utilitas yang disediakan sebagai bagian dari proses. Setelah Anda mem-boot dari disk seperti dijelaskan di atas, Anda seharusnya dapat mengakses opsi yang dapat membuat komputer Anda kembali ke jalurnya. Temukan tautan Pemulihan Sistem dan Perbaikan Startup pada layar Opsi Lanjutan.

System Restore adalah alat yang memungkinkan Anda untuk kembali ke titik pemulihan sebelumnya saat komputer Anda bekerja dengan baik. Itu dapat menangani masalah boot yang disebabkan oleh perubahan Anda, bukan kegagalan perangkat keras. Perbaikan Startup adalah alat serbaguna untuk memecahkan masalah yang mencegah Windows memulai. Jika Anda kesulitan menemukan sumber masalah boot Anda, sebaiknya jalankan utilitas jika solusi ditemukan. Jika anda masih kesulitan memperbaiki gagal masuk windows, coba baca artikel disini Liputangps gudang nya tips & Trik.

Factory Reset

Kami memasuki opsi perbaikan yang lebih sulit dan merusak. Selain reset pabrik, opsi yang lebih sulit termasuk memulihkan dan menyegarkan komputer Anda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri.

Reset pabrik menghancurkan beberapa aplikasi dan data lainnya, tetapi Anda dapat memilih untuk menyimpan beberapa file Anda. Reset pabrik Windows 10 (Microsoft menyebut proses ini hanya sebagai “reset“) mengembalikan komputer ke status operasi default.

Masalah Boot Windows 10: Diperbaiki!

Perlu diingat bahwa boot berbeda dari Power On Self Test (POST). Cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk windows Komputer yang tidak menampilkan layar splash dan bahkan tidak dapat memasuki mode BIOS atau UEFI memerlukan diagnosa perangkat kerasnya untuk masalah. Baca Cara sharing data menggunakan kabel lan di Windows 10

Memecahkan masalah boot Windows 10 lebih buruk daripada di versi Windows sebelumnya, berkat penghapusan Safe Mode yang mudah diakses. Ya, Anda membaca saya dengan benar. Microsoft menghapus opsi F8 untuk mem-boot dalam Safe Mode untuk memberi kami boot 2 detik lebih cepat. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menggunakan flash drive 16GB untuk membuat drive pemulihan sistem.

Originally posted 2021-11-29 11:50:27.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *